Candi Pangkuan, tempat dimana kamu bisa menyapa ratusan ekor kera jinak

Candi Pangkuan merupakan candi dengan batu berbentuk lonjong setinggi 50 cm. Candi ini  terletak di desa Karang Gandul Cilibur, kec. Paguyangan, Kab. Brebes, prov. Jawa Tengah.  Hal unik yang bisa kamu jumpai disini selain batu lonjong berukuran 50cm yaitu terdapatnya banyak kera wara-wiri di area ini, bahkan sampai ratusan.  Namun jangan khawatir, sebab kera-kera disini sudah jinak, tidak menggigit. Berkunjung ke Candi Pangkuan seoalah akan membawa kamu ke kawasan wisata Tawangmagu di Solo.

Banyak orang tidak mengetahui di salah satu Kabupaten Brebes punya potensi wisata hutan, lokasinya di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan atau sekitar 8 KM dari Kota Bumiayu ke arah timur. Tempat yang rindang ,adem, banyak kera jinak dan dinilai banyak pihak merupakan suatu tempat yang patut untuk dijadikan sebagai daerah tujuan wisata .

Orang menyebutnya Candi Pangkuan ,dengan luas keseluruhan 4 hektar , ada batu lonjong di tenang lokasi yang tingginya 50 cm, disitu pula ada terdapat beberapa makam, yang semuanya ada 40 buah, tiga diantaranya adalah :
- makamm kyai wisnu.
- Makam kencana wungu.
- Makam nyi rantam sari.

Disamping itu di tempat ini dihuni ribuan ekor kera jinak, jadi teringat obyek wisata sangeh di Bali.
Karena tempatnya yang rindang, ada banyak orang berkunjung di tempat itu, sementara hanya kalau lebaran dan hari-hari libur saja banyak dikunjungi selebihnya sepi, maklum karena belum banyak orang yang tahu.

Di lokasi itu padahal dengan sedikit sentuhan , penataan yang baik, adanya taman-taman yang indah, ditambah lagi adanya service-service yang lain, pasti lebih menarik tidak kalah dengan obyek wisata sangeh di balli.

Semoga saja dengan berjalannya waktu Kabupaten Brebes punya tambahan satu lag daerah tujuan wisata yakni candi pangkuan.
Sumber: Dari berbagai sumber
KONTAK KAMI!
Jika ada pertanyaan, saran, promosi atau hal-hal yang bisa menambah wawasan, informasi atau peristiwa di warga, silahkan hubungi kami melalui email desacilibur@gmail.com atau bisa melalui komentar yang tersedia dibawah ini

Dapatkan Berita Terbaru Warta Cilibur via Email: